Persis Solo Juara Liga 2 Setelah Kalahkan Rans Cilegon FC

By ommed


nusakini.com - Persis Solo menutup tahun 2021 dengan kegembiraan. Setelah mendapatkan tiket promosi ke Liga 1, Persis menggenapinya dengan status juara Liga 2 2021 dengan mengalahkan RANS Cilegon 2-1 dalam pertandingan final di Stadion Pakansari Cibinong, Kamis (30/12) malam WIB.

Keberhasilan menjadi juara membuat Persis berhasil menggondol hadiah uang sebesar Rp1 miliar. Persis juga mendapatkan satu gelar lagi dengan tampilnya ujung tombak Alberto 'Beto' Goncalves sebagai topskor dengan torehan 11 gol. Beto mendapat hadiah uang Rp100 juta.


Sedangkan RANS Cilegon yang tampil sebagai runner-up memperoleh hadiah uang sebesar Rp500 juta. Mereka juga mendapatkan gelar sebagai tim fair play. Begitu juga dengan strikernya, Rifal Lastori yang tampil sebagai pemain terbaik dengan hadiah Rp100 juta. Sementara Dewa United yang menempati peringkat ketiga membawa pulang hadiah Rp350 juta.

Pertarungan antara dua tim sultan ini berlangsung ketat sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. RANS Cilegon mengawali pertandingan dengan melakukan tekanan lebih dulu ke pertahanan Persis. Peluang sudah diperoleh RANS melalui Bima Ragil ketika laga berjalan dua menit, tapi dapat diamankan kiper Harlan Suardi.

Persis memberikan respons terhadap agresivitas RANS Cilegon. Peluang diperoleh Persis pada menit ke-18. Irfan Bachdim memberikan umpan matang kepada Beto yang selanjutnya menanduk bola. Namun sundulan pemain naturalisasi itu dapat dipatahkan kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Asa klub milik putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, untuk menjuara Liga 2 terbuka lima menit menjelang babak pertama berakhir. Umpan terobosan Sandi Sute berhasil diselesaikan Bachdim dengan menaklukkan Kartika Ajie, sehingga menutup babak pertama dengan skor 1-0.


RANS Cilegon yang berusaha bangkit di awal babak kedua justru kebobolan lagi di menit ke-47. Umpan Chrystna Bhagascara dari sisi kiri serangan diselesaikan Bachdim dengan sundulannya yang tak bisa dijangkau Kartika Ajie.

Kendati demikian, RANS Cilegon akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-56 melalui eksekusi penalti Alfin Tuasalamony. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Fabiano Beltrame terhadap Rifal.

Di lain sisi, Persis mendapat dua peluang untuk memperlebar keunggulan. Pada menit ke-78, sundulan Beto masih lewat di depan gawang, sedangkan tendangan Ferdinand Sinaga menjelang laga usai melenceng di sisi kanan gawang. Skor 2-1 pun tetap bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit. (gi/om)